Notification texts go here Contact Us Get It Now!
Postingan

Yang Harus Ada dalam Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Admin Studio Foto Kragan


Dalam Modul Ajar Kurikulum Merdeka, ada beberapa rincian penting yang wajib disertakan untuk memastikan modul tersebut sesuai dengan pedoman kurikulum. Berikut adalah komponen yang wajib ada:

1. Identitas Modul Ajar

  • Nama modul.
  • Tingkat pendidikan (SD/SMP/SMA/MA atau sederajat).
  • Mata pelajaran.
  • Kelas dan fase (misalnya, Fase D untuk SMP kelas VII-IX).
  • Alokasi waktu (dalam jumlah pertemuan atau waktu pelaksanaan).
  • Nama penyusun.

2. Kompetensi dan Profil Pelajar Pancasila

  • Capaian Pembelajaran (CP): Diambil dari dokumen Kurikulum Merdeka.
  • Tujuan Pembelajaran (TP): Berisi kompetensi yang ingin dicapai berdasarkan CP.
  • Profil Pelajar Pancasila: Aspek profil yang ingin dikembangkan (misalnya: gotong-royong, kreatif, mandiri).

3. Komponen Inti Modul

  • Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): Penjabaran langkah-langkah pembelajaran yang mencakup proses dari kompetensi awal hingga tercapainya tujuan pembelajaran.
  • Materi Pembelajaran: Rincian materi yang akan diajarkan, sesuai dengan CP dan TP.
  • Strategi Pembelajaran: Pendekatan atau metode yang digunakan, seperti diskusi, proyek, atau kolaborasi.
  • Kegiatan Pembelajaran: Uraian terperinci dari kegiatan yang dilakukan pada setiap pertemuan (pendahuluan, inti, penutup).
  • Media/Alat Pembelajaran: Sumber belajar, media, alat bantu, dan bahan ajar yang relevan.
  • Asesmen:
    • Asesmen diagnostik (awal).
    • Asesmen formatif (proses).
    • Asesmen sumatif (akhir).
  • Lembar Kerja Siswa (LKS): Tugas atau latihan untuk peserta didik.

4. Diferensiasi Pembelajaran

  • Penyesuaian metode dan strategi pembelajaran berdasarkan kebutuhan peserta didik.
  • Diferensiasi dapat mencakup konten, proses, atau produk, misalnya, untuk siswa dengan kecepatan belajar berbeda atau kebutuhan khusus.

5. Penguatan Karakter dan Profil Pelajar Pancasila

  • Penjelasan bagaimana kegiatan pembelajaran mendukung pengembangan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

6. Refleksi

  • Panduan bagi guru untuk mengevaluasi keberhasilan proses pembelajaran.
  • Refleksi untuk peserta didik terkait pemahaman dan pengalaman belajar.

7. Lampiran

  • Rubrik penilaian.
  • Instrumen asesmen (soal dan jawaban).
  • Materi pendukung (contoh teks, gambar, video, dsb.).
  • Dokumen lainnya yang relevan dengan pembelajaran.

8. Daftar Pustaka

  • Sumber referensi yang digunakan dalam penyusunan modul.

Modul ajar ini dirancang untuk memberikan fleksibilitas kepada guru dalam memadukan metode dan strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik, namun tetap terarah pada pencapaian tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan.

1 komentar

  1. Mantap
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.