Notification texts go here Contact Us Get It Now!
المشاركات

Modul Ajar Kurikulum Merdeka (Kumer)

Admin Studio Foto Kragan

Dalam Modul Ajar Kurikulum Merdeka (Kumer), beberapa komponen utama yang harus ada meliputi:

1. Elemen dalam Kurikulum Merdeka

  • Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan.
  • Capaian Pembelajaran (CP) sesuai fase perkembangan siswa.
  • Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) sebagai tahapan dalam mencapai kompetensi yang ditargetkan.
  • Strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi ajar.

2. Tujuan Pembelajaran (TP)

  • Tujuan yang ingin dicapai dalam suatu pembelajaran, seperti pemahaman konsep, keterampilan, atau sikap tertentu.
  • Contoh: Siswa memahami pengertian pidato serta fungsinya dalam menyampaikan gagasan, informasi, dan pesan kepada khalayak.

3. Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

  • Ukuran atau ciri yang menunjukkan bahwa siswa telah mencapai tujuan pembelajaran.
  • Contoh: Siswa dapat menjelaskan pengertian pidato dan menyebutkan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari.

4. Materi Pembelajaran

  • Uraian materi yang diajarkan, termasuk teori, contoh, dan latihan.
  • Bisa berupa teks, gambar, video, atau bahan ajar interaktif lainnya.

5. Kegiatan Pembelajaran

  • Pendahuluan: Apersepsi, tujuan, motivasi.
  • Inti: Diskusi, eksplorasi materi, praktik, atau kerja kelompok.
  • Penutup: Refleksi, evaluasi, dan umpan balik.

6. Asesmen (Penilaian)

  • Penilaian Formatif: Digunakan untuk mengukur pemahaman selama proses pembelajaran (misalnya kuis, pertanyaan reflektif).
  • Penilaian Sumatif: Digunakan untuk mengukur pencapaian setelah pembelajaran selesai (misalnya tes, proyek, presentasi).

7. Media dan Sumber Belajar

  • Buku teks, artikel, video, atau sumber daring lainnya.
  • Alat peraga atau teknologi yang mendukung pembelajaran.

8. Pengayaan dan Remedial

  • Strategi untuk siswa yang membutuhkan pendalaman materi atau bimbingan tambahan.

Dengan struktur ini, Modul Ajar Kurikulum Merdeka dapat digunakan sebagai panduan bagi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran yang lebih fleksibel, kontekstual, dan berpusat pada kebutuhan siswa.

إرسال تعليق

Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.